Saco-Indonesia.com - Para peneliti dari University of Cambridge mengungkapkan hasil penelitian yang mengejutkan. Mereka mengungkapkan bahwa seseorang yang pernah mengalami pukulan secara berulang-ulang di kepala mereka beresiko besar terkena alzheimer.

Penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk ini telah mengembangkan penelitian yang lebih rinci tentang penyakit ini serta apa saja yang menjadi pemicunya. Para peneliti menggunakan sinar laser untuk mengidentifikasi protein dan kerusakan saraf otak akibat cedera yang pernah dialami oleh olahragawan.

"Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya kelompok protein tau yang rusak di dalam otak. Kelompok protein ini mengganggu cara kerja sel-sel otak yang sehat sehingga sel-sel otak tidak mampu bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan resiko penyakit alzheimer," jelas Dr. Simon Ridley, kepala penelitian di Alzheimer Research, Inggris. "Dan mereka yang pernah berulang kali mengalami pukulan atau benturan di kepala akan sangat rentan terkena penyakit ini".

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi otak dan apabila dibiarkan akan bertambah parah dan kemudian menyerang seluruh fungsi tubuh.

Editor : Liwon Maulana

Hati-hati, pemain sepakbola dan petinju rentan terkena alzheimer!

Artikel lainnya »